UAS STRATEGI IKLAN B
SOAL UAS GENAP TA. 2019/2020
Nama : Pachri Pahmi
No ujian : 016/18-MKV/UAS2/2019
Mata
Kuliah : STRATEGI KREATIF
IKLAN
Program : MULTIMEDIA
KOMUNIKASI VISUAL
Semester : 2
Kelas : MKV - 101
BentukUjian : PRAKTEK
WAKTU : 200 menit
SKS : 4 SKS
Nama
Dosen :
KUSMAYANTI, S.E,M.M.
Tipe : B
SOAL
1. Buatlah
analisa SWOT untuk produk pendidikan POLITEKNIK LP3I JAKARTA.
Strength:
- · Pengajar praktisi dan pengalaman didunia Sebagai bukti bahwa LP3I menerapkan konsep link and match dengan dunia Industri/usaha, tidak sekedar Kurikulum LP3I sesuai dengan kebutuhan dunia industri/usaha tetapi tenaga pengajar/Dosen berasal dari tenaga praktisi dan berpengalaman sehingga kasus yang dibahas relevan dengan permasalahan yang dihadapai pada bidang industri/usaha saat ini.
- · Pengalaman (experience)
- · Mempunyai beberapa cabang di berbagai wilayah indonesia
- · Garansi sampai kerja
Weakness :
- · Ada beberapa mahasiswa yang keluar karena bayaran kuliah yang kurang memadai bagi mahasiswa yang kurang mampu
- · Kampus terlalu sempit karena berbentuk ruko
- · Kurangnya kesadaran mahasiswa/i untuk sholat tepat waktu
- · Belum terareditasi di ban pt
Opportunities :
- · Tidak pernah mendapatkan pemberitaan buruk di media sehingga brand image masih terjaga
- · LP3I memberikan pembinaan melalui wadah Rumah Entrepreneur untuk mengasah jiwa wirausaha, pelatihan-pelatihan wirausaha dan pemodalan.
- · Sebagai bentuk komitmen setiap lulusan lp3i harus bekerja berdasarkan persyaratan yang berlaku dengan masa tunggu 6 bulan dari waktu ditetapkan kelulusan
Threat :
- · Jumlah pesaing yang ketat karena berdekatan dengan kampus lain
2. Berikan
analisa pada gambar iklan di bawah ini secara STRATEGI KREATIF dan EKSEKUSI
KREATIF
A
Strategi
kreatif : Sebuah rencana aksi/tindakan, skema detail untuk
mencapai suatu tujuan menarik konsumen dengan cara menampilkan foto-foto
makanan yang bagus serta kalimat-kalimat yang membuat konsumen penasaran
Eksekusi
kreatif : Menggunakan font yang mudah dibaca,dan dimengerti
konsumen dari iklan yang disajikan, detail eksekusi kreatif juga spesifik
mengenai bagaimana pesan akan terlihat atau dibaca
Strategi
kreatif : memiliki konsep yang kreatif, karena bangku di desain
semenarik mungkin dengan cara memberi unsur produk yang disajikan dan juga umum
untuk digunakan orang banyak
Eksekusi
kreatif : menggunakan teknik eksekusi yang tepat dengan cara
kitkat memberi merk produk dibangku tersebut sehingga dapat dilihat dan dibaca
oleh banyak orang, karena yang terpenting dari pembuatan iklan yaitu memiliki
unsur daya tarik agar konsumen mecari tahu apa produk tersebut
3. Buatlah
naskah iklan Radio, karena media audio adalah media yang memiliki kekuatan Imajinatif/Theater of mind maka naskah harus dilengkapi dengan elemen-elemen yang
ada pada iklan radio.
Ketentuan
produk.
·
Produk pendidikan
Politeknik LP3I Jakarta.
·
Durasi 30 detik
Naskah
iklan radio.
·
Judul : Politeknik LP3I Jakarta
·
Durasi : 30 Detik
·
Target pemasaran : Remaja yang baru lulus sekolah
khususnya smk
·
Sfx : LP3I Anthemp
·
Narator : Bingung setelah lulus sekolah mau kuliah?
·
Narator : Di LP3I in aja, karena sudah memiliki pengalaman
dibidang profesi yang menjanjikan!
·
Narator : dan juga telah memiliki 56 cabang, 47815
lulusan, dan telah bekerjasama dengan lebih dari 13425 perusahaan, tunggu apa
lagi? Lulus kuliah langsung kerja, Politeknik LP3I Jakarta lah solusinya.
·
Sfx : LP3I Anthemp
4. Buatlah
sebuah iklan untuk media cetak dengan melalukan perencanaan strategi yang baik
dalam perancangan media iklan.
Ketentuan :
·
Produk Air Mineral
·
Menggunakan Headline pertanyaan
·
Untuk kebutuhan media cetak poster dan media sosial instagram
·
Menggunakan elemen flash pada
iklan yang dibuat
·
Menggunakan software desain
apa saja yang anda kuasai.
SELAMAT MENGERJAKAN.
Komentar
Posting Komentar