UTS Perencanaan Strategi Kreatif Iklan


Dosen                                                    : Pachri Pahmi
Mata kuliah                                         : Strategi  Kreatif Iklan
No Ujian                                                : 016/18-MKV/UTS2/2019
Program Studi/Kelas                         : Hubungan Masyarakat / MKV 101
Bentuk Ujian                                        : Teori dan Praktek 
Tipe Soal                                                : A
Sks / Waktu                                            : 4 Sks /200 menit.

1.        Creative Thinking adalah suatu kemampuan mental seseorang untuk berpikir yang mampu memecahkan masalah dengan cara yang orisinil dan  berguna.
Di dalam berfikir kreatif kita akan menemukan berbagai ciri yang membedakannnya dengan metode berpikir, diantaranya yang terpenting adalah :
·          Kemampuan untuk mengamati masalah dan situasi yang belum pernah diamati.
·          Kemampuan untuk menghubungkan masalah-masalah dan gagasan yang diperoleh dari banyak sumber.
·          Kemampuan untuk memiliki banyak alternatif terhadap suatu maslah dan subyek tertentu.
·          Tidak menyukai konsep, cara pemecahan dan ungkapan klise.
·          Tidak menyukai tradisi atau kebiasaan yang telah mapan.
·          Kemampuan memanfaatkan kekuatan mental, emosional atau suatu yang berada dibawah sadar.
·          Memiliki pikiran, tindakan, perumusan, dan metode pemecahan masalah
  • What it is? (apa tujuannya ?)
  • Who its for? (siapa khalayaknya)
  • Who are you talking to? (iklan kita berbicara secara visual untuk siapa?) 
  • How it works? (bagaimana cara produk/jasa bekerja?)
  • How to access? (bagaimana cara mengaksesnya?)
  • What you need? (apa yg anda butuhkan)
  • Why, How, What? (iklan apa yg kita buat, kenapa harus iklan ini yang dibuat, bagaimana cara menarik khalayak.
2.         Analisis SWOT Produk Yoghurt Cimori



·          Strenght (Kekuatan) :
a)        Mempunyai ciri khas menu yang berbeda dengan usaha yoghurt yang lainnya yaitu yoghurt yang sangat sehat.
b)        Tempatnya strategis hingga mudah untuk dikunjungi.
c)        Rasanya sangat enak.
d)        Harganya cukup murah, terjangkau, pelayanan memuaskan, rapi dan bersih
e)        Dibuat dengan sangat steril

·          Weakness (Kelemahan)
a)        Tidak cocok bagi orang yang tidak suka yoghurt
b)        Harga bahan baku belum stabil.

·          Opportunity (Peluang)
a)        Digemari sebagian besar orang.
b)        Ciri khas menu yaitu yoghurt menjadikan usaha ini sangat menjanjikan

·          Threat (Ancaman)
a)        Banyak saingan diluar sana.
b)        Harga bahan baku yang sewaktu-waktu bisa naik dapat menyebabkan kenaikan harga yoghurt yang mungkin dapat mengurangi pembeli
c)        Bila hujan turun maka orang malas keluar sehingga pembeli tidak begitu banyak (Jarang)












5 naskah iklan produk

SFX1                : Suara Bell

SFX2                : Suara Gerombolan mahasiswa/i masuk kelas

Dosen               : Selamat siang anak2, sebelum pelajaran dimulai, ibu mau mengecek ingatan kalian tentang pelajaran minggu lalu dimulai dari boby...apa itu Jurnalistik Online

Boby                 : hmm hmmm ,, Proses penyebaran informasi menggunakan internet bu,

Dosen               : ia benar. Lalu kamu tomo, Coba sebutkan    prinsip2 jurnalistik online

Tomo                : (Nada suara sedih) Komunikasi kita yang jarang, Kamu asik sama teman2 terus, aku merasa kesepian

Dosen               : Tomooooo (Suara Kesal),
SFX                  : Gerombolan orang tertawa


MVO                : Dehidrasi menurunkan kosentrasi ringan dan fokus

Closing             : Jingle Aqua



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Meriam Si Jagur

Unsur - unsur berita

MODEL REGULASI PENYIARAN